4 Experimen Saya Untuk Meningkatkan Nilai Cpc Adsense
Salah satu faktor yang paling dominan untuk mendapatkan penghasilan google adsense dalam jumlah yang cukup besar adalah faktor jumlah visitor, jumlah click iklan dan nilai CPC (Cost per click) atau BPK (biaya per-click), khusus untuk masalah nilai CPC, nilai CPC untuk setiap iklan memang bermacam-macam sangat dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya mungkin saja adalah niche dari weblog yang anda sajikan, kualitas artikel, asal visitor yang melakukan klik iklan, bahasa blog, sumber trafik berasal dan lain sebagainya, google memang tidak secara spesifik menyebutkan hal-hal apa saja yang bisa meningkatkan dan menurunkan CPC, namun terkadang, kalau kita amati CPC selalu turun naik, terkadang turun dan terkadang bisa naik.
Untuk memastikan bahwa cara yang kita tempuh adalah cara yang paling tepat untuk mendapatkan cpc terbaik dari iklan google adsense, maka dibutuhkan sebuah eksperimen sederhana untuk menguji nilai CPC untuk iklan google adsense yang kita pasang di weblog kita.
Beberapa eksperimen pernah saya coba, dan mungkin saja eksperimen berikut bisa juga anda coba siapa tau berhasil untuk meningkatkan nilai cpc google adsnse.
Setelah saya meletakan iklan di kedua weblog tersebut dengan jumlah iklan dan jenis serta penempatan iklan yang sama, saya mendapatkan kesimpulan, bahwa iklan yang diletakan di konten weblog yang miskin kata, CPC nya cendrung kecil 0.04$ - 0.08$ per-click.
Sedangkan iklan yang diletakan di weblog pada artikel dengan jumlah kata yang cukup panjang-panjang, rata-rata nilai CPC yang didapatkan ada di kisaran 0.1X$
Saya mendapatkan kesimpulan, bahwa untuk mendapatkan nilai CPC yang lebih baik, salah satu caranya adalah dengan menyajikan artikel yang cukup special dan jumlah kata yang cukup banyak.
Ini mungkin berbeda untuk weblog anda bisa jadi cpc iklan adsense di weblog anda cukup baik meskipun jumlah kata di setiap konten sedikit, ini hanya sebatas eksperimen yang belum pasti benar dan salahnya karena hanya pihak google dan advertiser yang tau berapa nilai CPC sebenarnya untuk tiap iklan mereka, namun tips ini bisa anda coba dan buktikan sendiri.
Untuk weblog saya, dulu sekali saya pernah mengaitkan weblog dengan Fanspage Facebook, sehingga setiap menerbitkan artikel di blog, maka postingan akan ikut terbit juga di fanspage secara otomatis, saya mengaitkan weblog dengan fanspage facebook tujuannya adalah agar trafik bisa bertambah terutama ada tambahan trafik dari media sosial tersebut, sempat berjalan beberapa bulan, dan memang terbukti beberapa bulan dipasang terdeteksi cukup banyak trafik yang datang dari facebook.
Meskinpun tendency trafik weblog semakin baik, ternyata ada sisi buruknya,seiring waktu saya mengamati nilai CPC google adsense semakin kecil, dari awalnya rata-rata 0.1x, ternyata setelah pasang fanspage, nilai CPC rata-rata cendrung menurun, ada di kisaran 0.04$ - 0.05$ kebanyakan di kisaran 0.05$. saya menyadari pasti ada sesuatu yang salah dengan weblog saya.
Salah satu yang saya soroti adalah karena adanya fanspage facebook yang aktif, sehingga ada banyak sumber trafik yang berasal dari facebook, dan kemungkinan dugaan saya ini yang menyebabkan CPC semakin kecil, akhirnya saya mencoba menonaktifkan fanspage facebook, kemudian menghilangkan widget similar facebook di blog, dan ternyata CPC kembali normal, ini salah satu alasan saya tidak masang fanspage facebook di weblog saya yang satu ini dan juga di blog-blog lainnya.
Barangkali mungkin saja hasilnya bisa berbeda jika diterapkan di weblog anda, mungkin saja nilai cpc anda normal dan terbilang besar meskipun sudah percentage ke facebook, ini bukan harga mutlak, karena sekali lagi, semuanya masih praduga, namun cara ini bisa anda coba jike kebetulan nilai CPC anda kecil dan kondisinya sama seperti apa yang pernah saya alami.
Saya mendapatkan kesimpulan ternyata jika sumber trafik terkontaminasi dari media sosial terutama facebook sangat berpengaruh terhadap nilai CPC yang cendrung mengecil, ini hanya untuk kasus pada weblog saya, mungkin pada weblog anda bisa saja berbeda pengaruhnya.
Jumlah klik paling banyak adalah iklan yang diletakan di bawah judul, yang kedua di bawah artikel dan yang ketiga iklan di samping artikel postingan.
Dengan Visitor yang awalnya normal dan baik-baik saja, CPC yang normal di kisaran minimal rata-rata 0.1x, sampai pada akhirnya saya mendapatkan peringatan penalti dari google harus menghapus atau tidak menampilkan iklan di four artikel, jika tidak maka kemungkinan besar akan terkena penalti tingkat konten yang bisa menyebabkan dibannednya weblog sehingga tidak menampilkan iklan adsense.
Karena khawatir, saya memilih cara aman dengan menghapus konten-konten yang dianggap melanggar tersebut, akhirnya konten dihapus dan yang terjadi berikutnya adalah banyak sekali ditemukan page non institute yang dilaporkan oleh google search console, sehingga mengharuskan saya untuk menghapus pengindekan secara manual.
Yang terjadi berikutnya adalah visitor turun drastis di bulan kedua setelah penghapusan, hampir kehilangan 8-10k visitor perhari versi histats, dan apa yang terjadi selanjutnya adalah klik benar-benar menurun drastis. sehingga sangat berpengaruh sekali terhadap pendapatan adsense.
Akhirnya saya mencari cara untuk bangkit kembali dari keterpurukan, salah satu caranya adalah merombak susunan tata letak dan jumlah iklan.
Akhirnya saya putuskan untuk meletakan satu iklan tautan di tengah artikel, dan terbukti iklan tautan yang diletakan ditengah artikel mampu meningkatkan jumlah klik 30-50%. namun CPC kecil.
Saya mendapatkan kesimpulan bahwa salah satu untuk meningkatkan jumlah klik terhadap iklan adalah jangan lewatkan untuk meletakan iklan tautan di tengah artikel, mungkin bisa anda coba siapa tau efeknya sama. namun nilai CPC menjadi kecil (ntah masih musim CPC kecil atau memang mengecil) saya masih mengamati untuk masalah ini.
Saya memiliki kesimpulan sementara, bahwa sahare otomatis ke google+ dan sumber trafik dari google plush tidak mempengaruhi nilai CPC.
Memang banyak sekali faktor-faktor yang bisa memperkecil nilai CPC salah satunya adalah smart pricing, mesin pintar google yang membuat nilai cpc secara otomatis mengecil manakala terjadi tindakan curang pada google adsense, seperti misalnya bom click dan tindakan yang terdeteksi sebagai tindakancurang.
a. Menyajikan konten berkualitas dan berbobot serta informatif
b. Jangan terlalu banyak percentage ke facebook apalagi secara manual, untuk kasus saya pribadi ternyata dapat memperkecil nilai CPC.
d. Penempatan iklan dalam jumlah banyak ternyata ikut mempengaruhi nilai CPC yang cendrung semakin kecil, namun jumlah klik menjadi banyak, sedangkan iklan yang dipasang semakin sedikit, maka nilai CPC justru cendrung meningkat, namun jumlah klick sedikit, jika anda tertarik dengan cara ini anda bisa memilih yang menurut anda lebih menguntungkan.
Artikel Menarik Lainnya: 2 Langkah Mudah Upgrage google adsense hosted menjadi non-hosted
Demikian artikel mengenai three eksperimen yang pernah saya lakukan untuk meningkatkan nilai CPC google adsense. semoga bermanfaat.
Untuk memastikan bahwa cara yang kita tempuh adalah cara yang paling tepat untuk mendapatkan cpc terbaik dari iklan google adsense, maka dibutuhkan sebuah eksperimen sederhana untuk menguji nilai CPC untuk iklan google adsense yang kita pasang di weblog kita.
Eksperimen meningkatkan nilai cpc google adsense
Beberapa eksperimen pernah saya coba, dan mungkin saja eksperimen berikut bisa juga anda coba siapa tau berhasil untuk meningkatkan nilai cpc google adsnse.
Experimen yang pernah saya coba untuk Meningkatkan Nilai CPC (BPK) Google AdSense
berikut adalah beberapa eksperimen sederhana untuk meningkatkan nilai cpc google adsense yang pernah saya coba:1. Konten Kaya Vs Konten Miskin
Konten weblog bisa disajikan sangat sederhana dan juga detail, konten sederhana saya anggap saja konten dengan jumlah kata tidak lebih dari 400 kata, sedangkan konten special jumlah kata lebih besar dari 800 kata.Setelah saya meletakan iklan di kedua weblog tersebut dengan jumlah iklan dan jenis serta penempatan iklan yang sama, saya mendapatkan kesimpulan, bahwa iklan yang diletakan di konten weblog yang miskin kata, CPC nya cendrung kecil 0.04$ - 0.08$ per-click.
Sedangkan iklan yang diletakan di weblog pada artikel dengan jumlah kata yang cukup panjang-panjang, rata-rata nilai CPC yang didapatkan ada di kisaran 0.1X$
Saya mendapatkan kesimpulan, bahwa untuk mendapatkan nilai CPC yang lebih baik, salah satu caranya adalah dengan menyajikan artikel yang cukup special dan jumlah kata yang cukup banyak.
Ini mungkin berbeda untuk weblog anda bisa jadi cpc iklan adsense di weblog anda cukup baik meskipun jumlah kata di setiap konten sedikit, ini hanya sebatas eksperimen yang belum pasti benar dan salahnya karena hanya pihak google dan advertiser yang tau berapa nilai CPC sebenarnya untuk tiap iklan mereka, namun tips ini bisa anda coba dan buktikan sendiri.
2. Sumber Trafik : Organik Vs Non-Organik
Sumber trafik organik adalah trafik yang berasal dari mesin pencari terutama google, sedangkan sumber trafik non-organik adalah trafik yang bersumber bukan dari mesin pencari google, salah satu contoh trafik non-organik diantaranya adalah, trafik dari media sosial seperti facebook, twitter dan media sosial lainnya.Untuk weblog saya, dulu sekali saya pernah mengaitkan weblog dengan Fanspage Facebook, sehingga setiap menerbitkan artikel di blog, maka postingan akan ikut terbit juga di fanspage secara otomatis, saya mengaitkan weblog dengan fanspage facebook tujuannya adalah agar trafik bisa bertambah terutama ada tambahan trafik dari media sosial tersebut, sempat berjalan beberapa bulan, dan memang terbukti beberapa bulan dipasang terdeteksi cukup banyak trafik yang datang dari facebook.
Meskinpun tendency trafik weblog semakin baik, ternyata ada sisi buruknya,seiring waktu saya mengamati nilai CPC google adsense semakin kecil, dari awalnya rata-rata 0.1x, ternyata setelah pasang fanspage, nilai CPC rata-rata cendrung menurun, ada di kisaran 0.04$ - 0.05$ kebanyakan di kisaran 0.05$. saya menyadari pasti ada sesuatu yang salah dengan weblog saya.
Salah satu yang saya soroti adalah karena adanya fanspage facebook yang aktif, sehingga ada banyak sumber trafik yang berasal dari facebook, dan kemungkinan dugaan saya ini yang menyebabkan CPC semakin kecil, akhirnya saya mencoba menonaktifkan fanspage facebook, kemudian menghilangkan widget similar facebook di blog, dan ternyata CPC kembali normal, ini salah satu alasan saya tidak masang fanspage facebook di weblog saya yang satu ini dan juga di blog-blog lainnya.
Barangkali mungkin saja hasilnya bisa berbeda jika diterapkan di weblog anda, mungkin saja nilai cpc anda normal dan terbilang besar meskipun sudah percentage ke facebook, ini bukan harga mutlak, karena sekali lagi, semuanya masih praduga, namun cara ini bisa anda coba jike kebetulan nilai CPC anda kecil dan kondisinya sama seperti apa yang pernah saya alami.
Saya mendapatkan kesimpulan ternyata jika sumber trafik terkontaminasi dari media sosial terutama facebook sangat berpengaruh terhadap nilai CPC yang cendrung mengecil, ini hanya untuk kasus pada weblog saya, mungkin pada weblog anda bisa saja berbeda pengaruhnya.
3. Lokasi Tata letak iklan Adsense terhadap jumlah click iklan dan nilai CPC
Dari awal saya suka sekali dengan penempatan iklan menggunakan three jenis iklan konten, dengan lokasi, satu di bawah judul samping artikel (250x300), yang ke dua, di bawah akhir artikel postingan (280x300) dan yang ke three iklan di sidebar dengan ukuran 300 x 600, pemasangan iklan seperti itu terutama untuk weblog saya pribadi adalah pemasangan paling baik yang sangat berpengaruh terhadap CPC, karena dari awal saya pasang google adsense tata letak pemasangan iklan seperti itulah yang menurut saya memberikan pengaruh baik terhadap nilai CPC.Jumlah klik paling banyak adalah iklan yang diletakan di bawah judul, yang kedua di bawah artikel dan yang ketiga iklan di samping artikel postingan.
Dengan Visitor yang awalnya normal dan baik-baik saja, CPC yang normal di kisaran minimal rata-rata 0.1x, sampai pada akhirnya saya mendapatkan peringatan penalti dari google harus menghapus atau tidak menampilkan iklan di four artikel, jika tidak maka kemungkinan besar akan terkena penalti tingkat konten yang bisa menyebabkan dibannednya weblog sehingga tidak menampilkan iklan adsense.
Karena khawatir, saya memilih cara aman dengan menghapus konten-konten yang dianggap melanggar tersebut, akhirnya konten dihapus dan yang terjadi berikutnya adalah banyak sekali ditemukan page non institute yang dilaporkan oleh google search console, sehingga mengharuskan saya untuk menghapus pengindekan secara manual.
Yang terjadi berikutnya adalah visitor turun drastis di bulan kedua setelah penghapusan, hampir kehilangan 8-10k visitor perhari versi histats, dan apa yang terjadi selanjutnya adalah klik benar-benar menurun drastis. sehingga sangat berpengaruh sekali terhadap pendapatan adsense.
Akhirnya saya mencari cara untuk bangkit kembali dari keterpurukan, salah satu caranya adalah merombak susunan tata letak dan jumlah iklan.
Akhirnya saya putuskan untuk meletakan satu iklan tautan di tengah artikel, dan terbukti iklan tautan yang diletakan ditengah artikel mampu meningkatkan jumlah klik 30-50%. namun CPC kecil.
Saya mendapatkan kesimpulan bahwa salah satu untuk meningkatkan jumlah klik terhadap iklan adalah jangan lewatkan untuk meletakan iklan tautan di tengah artikel, mungkin bisa anda coba siapa tau efeknya sama. namun nilai CPC menjadi kecil (ntah masih musim CPC kecil atau memang mengecil) saya masih mengamati untuk masalah ini.
4. Sahare Konten Otomatis ke Google+ Vs nilai CPC
Share otomatis ke google+ sring saya lakukan dampaknya banyak sekali visitor yang bersumber dari google+ apalagi ditambah dengan folower yang banyak tentu potensi mendapatkan pengunjung dari google + akan semakin banyak, beberapa kali saya percentage ke google + secara otomatis (bukan percentage manual) ternyata tidak mempengaruhi nilai CPC, nilai CPC cendrung normal.Saya memiliki kesimpulan sementara, bahwa sahare otomatis ke google+ dan sumber trafik dari google plush tidak mempengaruhi nilai CPC.
Memang banyak sekali faktor-faktor yang bisa memperkecil nilai CPC salah satunya adalah smart pricing, mesin pintar google yang membuat nilai cpc secara otomatis mengecil manakala terjadi tindakan curang pada google adsense, seperti misalnya bom click dan tindakan yang terdeteksi sebagai tindakancurang.
Kesimpulan
Apapun eksperimen yang saya lakukan belum tentu bisa berdampak sama pada weblog anda, namun saya pribadi menyimpulkan terutama untuk weblog saya pribadi bahwa, untuk mendapatkan nilai CPC terbaik, maka upaya yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:a. Menyajikan konten berkualitas dan berbobot serta informatif
b. Jangan terlalu banyak percentage ke facebook apalagi secara manual, untuk kasus saya pribadi ternyata dapat memperkecil nilai CPC.
d. Penempatan iklan dalam jumlah banyak ternyata ikut mempengaruhi nilai CPC yang cendrung semakin kecil, namun jumlah klik menjadi banyak, sedangkan iklan yang dipasang semakin sedikit, maka nilai CPC justru cendrung meningkat, namun jumlah klick sedikit, jika anda tertarik dengan cara ini anda bisa memilih yang menurut anda lebih menguntungkan.
Artikel Menarik Lainnya: 2 Langkah Mudah Upgrage google adsense hosted menjadi non-hosted
Demikian artikel mengenai three eksperimen yang pernah saya lakukan untuk meningkatkan nilai CPC google adsense. semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar